Indonesia Blogger Community

Komunitas Blogger Indonesia

    Tips Bagi Pasangan Baru Tentang Perawatan Bayi Baru Lahir

tania bae

Posts : 3
15 June 2017 08:09
 

perawatan bayi

Setelah menunggu selama berbulan-bulan, akhirnya janin yang dikandung pun lahir. Tentunya hal ini akan membawa kebahagiaan yang sempurna bagi Anda yang baru memiliki seorang anak setelah menunggu kehadirannya. Namun banyak juga pasangan baru yang terkadang kebingungan, bukan karena perlengkapan bayi belum dibeli, melainkan bingung terkait perawatan untuk bayi yang baru lahir mengingat memang belum memiliki pengalaman.

 
Kehadiran bayi dalam kehidupan Anda pastilah akan sangat menguras emosi dan pastinya tenaga. Selain itu banyak juga kekhawatiran yang pastinya kerap dirasakan bagi Anda yang merupakan pasangan baru untuk merawat si kecil. Bahkan banyak juga tekanan yang kerap dirasakan oleh banyak orang tua ketika menghadapi si bayi tersebut. Untuk Anda yang masih awam untuk merawat bayi, terutama yang baru lahir, maka berikut ini beberapa hal utama yang perlu diperhatikan:
 
1. Jaga kebersihan serta keamanan bayi
Ketika Anda akan memegang, mencium atau menggendong bayi baru lahir, pastikan untuk mencuci tangan terlebih dulu sebelum melakukan kontak sehingga bayi bisa terhindar dari kuman dan bakteri yang mungkin menempel pada tangan Anda. Berhati-hati juga ketika menggendong si kecil dan pastikan posisinya juga harus benar, terutama untuk bagian tubuh kepala dan juga lehernya. Ketika akan membangunkannya, hindari mengguncang bayi karena bisa menyebabkan pendarahan pada otak si kecil.
 
2. Memandikan bayi
Bayi yang baru lahir butuh mandi paling tidak seminggu dua kali. Sebelum tali pusarnya copot, ada baiknya untuk memandikan bayi memakai spons. Pilihlah sabun dan sampo yang sesuai bagi kulit bayi mengingat kulitnya masih sangat sensitif. Persiapkan juga benda pendukung mulai dari waslap, handuk yang lembut, bak mandi khusus bayi dan lainnya.
 
3. Penggantian popok
Salah satu tantangan yang kerap dialami banyak orang tua baru ketika merawat bayi adalah dalam hal penggantian popok. Bisa jadi penggantian popok ini mencapai 10 kali sehari sesuai dengan asupan yang didapatkan oleh bayi. Secara umum, bayi yang minum dari susu formula akan kencing lebih banyak dibanding bayi yang minum ASI. Belajarlah untuk mengganti popok bayi dari perawat atau mungkin orang tua Anda yang sudah berpengalaman sehingga bayi tetap nyaman.
 
4. Memberi susu
Bayi baru lahir umumnya akan minum susu sangat sering. Biasanya bayi harus diberikan susu sekitar 8 sampai 15 kali setiap harinya. Anda bisa menyusuinya tanpa harus menunggu bayi merasa lapar atau menangis. Bagi Anda yang memberi ASI, usahakan untuk melakukannya secara bergantian sehingga Anda bisa tetap nyaman.
 
Itulah beberapa tips terpenting yang perlu Anda tahu terkait perawatan bayi yang baru lahir. Jangan merasa takut dan tegang karena bayi kerap bisa merasakannya sehingga merasakan dirinya kurang nyaman. Untuk itu, Anda juga perlu belajar dari yang sudah berpengalaman.



Go To Top